Penyebab badan lemas dan solusi terbaik

Penyebab badan lemas dan solusi terbaik 

Badan lemas atau kurang bertenaga membuat siapa saja menjadi malas untuk melakukan aktifitas sehari-hari, hal ini biasanya terjadi akibat kelelahan atau mungkin kelaparan dan masih banyak penyebab badan lemas lainnya yang perlu Anda ketahui agar mudah mengatasi dan mengantisipasi.

Dalam dunia medis ada dua istilah yang menggambarkan badan lemas yaitu,

  • Weakness : Weakness adalah kelemahan atau kurangnya kekuatan fisik atau otot dan perasaan bahwa membutuhkan tenaga ekstra untuk memindahkan lengan, kaki, atau otot lainnya. Jika kelemahan otot disebabkan oleh rasa sakit, maka orang tersebut mungkin bisa menggerakkan otot, tapi akan terasa menyakitkan.
  • Fatigue : Fatigue adalah perasaan kelelahan atau capek atau kebutuhan untuk beristirahat karena kekurangan energi atau kekuatan.

Kenali Penyebab Badan Lemas pada Dirimu

Weakness Kelemahan otot di hampir seluruh bagian tubuh dapat disebabkan oleh masalah kesehatan sebagai berikut:

  • Gangguan keseimbangan mineral (elektrolit) yang ditemukan secara alami dalam tubuh, seperti rendahnya kadar kalium atau natrium. Infeksi, seperti infeksi saluran kemih atau infeksi saluran pernapasan.
  • Masalah dengan kelenjar tiroid, yang mengatur cara tubuh menggunakan energi.
  • Kadar hormon tiroid yang rendah ( hipotiroidisme ) dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, lesu, berat badan naik, depresi, gangguan memori, sembelit, kulit kering, tidak tahan dingin, rambut kasar dan menipis, kuku rapuh, atau warna kekuningan pada kulit.
  • Kadar hormon tiroid yang tinggi ( hipertiroidisme ) dapat menyebabkan kelelahan, penurunan berat badan, denyut jantung cepat, tidak tahan udara panas, berkeringat, lekas marah, kecemasan, kelemahan otot, dan pembesaran kelenjar tiroid.
  • Sindrom Guillain-Barré , gangguan saraf langka yang menyebabkan kelemahan pada tungkai, lengan, dan otot-otot lain dan yang dapat berkembang menjadi kelumpuhan.
  • Myasthenia gravis, gangguan kronis langka yang menyebabkan kelemahan dan kelelahan otot dengan cepat.

Fatigue . Fatigue adalah perasaan kelelahan, capek, atau kekurangan energi. Seseorang bisa merasa lelah karena terlalu banyak pekerjaan, kurang tidur, cemas, kebosanan, atau kurangnya olahraga. Sebagian besar kasus, kelelahan ringan terjadi akibat masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan perawatan di rumah dan tidak memerlukan kunjungan ke dokter.

  • Penyakit, seperti pilek atau flu, dapat menyebabkan badan lemas seperti ini, yang biasanya hilang ketika penyakit tersebut sudah teratasi. Situasi emosional stres juga dapat menyebabkan kelelahan yang berujung pada badan lemas dan tak selera untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kelelahan seperti ini biasanya akan hilang ketika stres teratasi.
  • Ada pula obat-obatan, baik resep dan non resep yang dapat menyebabkan badan lemas, seperti obat steroid, antidepresi, antihistamin, obat darah tinggi, atau kemoterapi.
  • Terlebih lagi pada kasus penggunaan atau penyalahgunaan alkohol, kafein, atau obat-obatan terlarang.

Meskipun sepertinya sama, namun pada kenyataannya kedua kondisi ini menggambarkan dua sensasi yang berbeda. Hal ini penting untuk diketahui secara persis karena keduanya juga memiliki penyebab yang berbeda.  Kelelahan bisa terjadi akibat kerja paksa, kurang tidur, kecemasan, kebosanan, atau kurangnya olahraga.

Ini adalah gejala yang mungkin disebabkan oleh penyakit, obat-obatan, atau perawatan medis seperti kemoterapi. Kecemasan atau depresi juga dapat menyebabkan kelelahan. Dua kondisi tersebut adalah gejala, bukan penyakit. Karena dapat disebabkan oleh banyak masalah kesehatan lainnya, untuk itu penyebab badan lemas akan dapat ditentukan hanya ketika gejala lain yang menyertai turut dievaluasi.

Badan Lemas Tidak Kunjung Sembuh? Mungkin Ini Penyebabnya

Badan lemas terus dan terasa sangat lelah meskipun sudah tidur cukup? Atau, pernahkah Anda sudah merasa badan capek duluan padahal belum melakukan aktivitas yang berat? Jika ya, Anda perlu waspadai kondisi ini. Keluhan badan lemas dan rasa lelah yang terus menerus mengganggu meski Anda cukup banyak istirahat dapat menandakan ada suatu masalah pada tubuh Anda.

Apa penyebab badan lemas terus?

Secara umum, kelelahan adalah perasaan lelah atau kekurangan energi. Kelelahan dapat muncul sebagai respons dari padatnya aktivitas, kebiasaan makan yang buruk, stres emosional, rasa bosan, dan kurang tidur. Biasanya, kelelahan dapat hilang setelah Anda tidur atau beristirahat cukup. Namun, dalam beberapa kasus, kelelahan bisa tidak membaik meskipun Anda cukup tidur, makan makanan yang bergizi, maupun jauh dari stres.

Jika keluhan badan lemas tidak kunjung sembuh, Anda perlu konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya. Rasa lelah yang tidak kunjung hilang bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan badan lemas yang tak kunjung menghilang.

  • Gaya hidup
    Seiring hiruk pikuknya kehidupan, tentu tuntutan hidup akan semakin menumpuk. Kesibukan padat bisa menyulitkan Anda menyeimbangi gaya hidup sehat, sehingga berujung pada rasa lelah atau lemah yang terus-terusan muncul. Beberapa gaya hidup buruk yang dapat membuat Anda merasa kelelahan adalah kurangnya aktivitas fisik, kurang tidur, terlalu banyak pekerjaan/deadline, kerja shift, dll. Penggunaan obat-obatan terlarang serta konsumsi alkohol juga menjadi penyebab munculnya rasa lelah karena zat tersebut dapat mempengaruhi sistem saraf dan mengganggu pola tidur Anda. Kuantitas dan kualitas tidur yang terganggu berkontribusi terhadap munculnya kelelahan.
  • Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang paling umum terjadi. Hal ini ditandai dengan perasaan atau ketidakbahagiaan terus menerus yang juga berdampak pada kesehatan fisik. Depresi dapat memangkas habis energi Anda dan membuat Anda merasa lelah di siang hari. Beberapa gejala yang muncul ketika Anda merasa depresi adalah kelelahan, sulit tidur, nafsu makan berkurang, dan sulit berkonsentrasi.

Jika Anda sedang merasa tertekan, sedih, atau depresi, tidak heran kalau Anda sering cepat lelah. Para ahli menyatakan bahwa depresi sering ditemukan pada kelompok usia 15 hingga 30 tahun. Banyak hal yang dapat membuat seseorang mengalami depresi. Seseorang yang mengalami depresi sering tidak ingin melakukan aktivitas apapun, merasa kelelahan sepanjang hari, kehilangan nafsu makan atau bahkan sebaliknya, makan dalam jumlah banyak sebagai pelarian dari rasa stress yang sedang dialami.

  • Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang membuat pernapasan Anda sering berhenti selama tidur alias ngorok. Akibatnya, organ tubuh —terutama otak — tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal tersebut dapat berakibat pada kualitas tidur yang menurun dan membuat Anda merasa kelelahan keesokan harinya.

Seseorang yang mengalami gangguan ini mengalami gejala kelelahan yang berlebihan, kelelahan ketika bangun tidur, serta mendengkur ketika tidur. Beberapa risiko yang mengakibatkan sleep apnea terjadi yaitu obesitas, kebiasaan merokok, serta gaya hidup yang tidak sehat.

  • Anemia

Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Sehingga, orang dengan anemia tidak mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka.

Anemia adalah keadaan di mana tubuh kekurangan sel darah merah, biasanya hal ini disebabkan akibat kekurangan zat besi. Ketika anemia terjadi, maka pembuluh darah tidak mampu mendistribusikan oksigen serta makanan ke sel-sel tubuh. Sehingga, sel-sel tubuh yang seharusnya menghasilkan energi dari oksigen serta makanan tersebut, menjadi tidak memproduksi energi. Kemudian, tubuh menjadi kekurangan energi dan merasa kelelahan

Beberapa gejala yang sering dialami penderita anemia adalah 3L — lemah, letih, lesu — dan mudah pusing. Selain cepat lelah, orang yang mengalami anemia juga biasanya merasakan pusing, kedinginan, dan demam. Anemia sering kali terjadi pada wanita dan anak-anak. . Penyebab lain yang menyebabkan anemia adalah kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Penyakit kronis, seperti diabetes mellitus dan penyakit ginjal juga dapat mengakibatkan tubuh kekurangan sel darah merah.

  • Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar tiroid merupakan organ tubuh yang mengatur berbagai fungsi tubuh seperti, sistem pernapasan, denyut jantung, suhu tubuh, kadar lemak dalam tubuh, sistem saraf, dan sebagainya.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon ke dalam aliran darah. Jika seseorang memiliki hipotiroidisme, kelenjar tiroid mereka tidak menghasilkan tingkat yang memadai dari hormon-hormon penting. Akibatnya, seseorang tersebut akan mengalami kelelahan terus-menerus meskipun sudah cukup tidur. Gejala umum lainnya dari gangguan ini termasuk perubahan suasana hati, berat badan, dan perasaan dingin sepanjang waktu.

Ketika kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, maka kondisi tersebut dapat disebut sebagai hipotiroidisme. Penyakit ini disebabkan oleh autoimun atau gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Hipotirodisme memiliki gejala seperti depresi, kenaikan berat badan, kelelahan, dan mudah kedinginan.

  • Penyakit jantung

Salah satu gejala umum dari penyakit gagal jantung adalah sensasi badan lemas dan kelelahan yang berlebihan. Bahkan, jika Anda mengalami sakit jantung, rasa lelah akan semakin memburuk setelah Anda berolahraga. Gejala lain dari penyakit jantung adalah pembengkakan di lengan/kaki dan sesak napas.

Jika Anda merasa kelelahan ketika berjalan sebentar dengan jarak yang dekat atau naik beberapa anak tangga, maka kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan jantung. Berbagai penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, atau berbagai gangguan pembuluh darah lainnya memiliki gejala yang sama yaitu kelelahan. Penyakit jantung ini telah menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Oleh karena itu, jika Anda sering merasa kelelahan walaupun melakukan aktivitas yang ringan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

  • Menopause
    Menopause adalah masa di mana siklus menstruasi perempuan akan berhenti permanen, yang berarti pula akhir dari masa reproduksi aktif. Menopause membuat tubuh perempuan mengalami perubahan hormon endokrin. Akibatnya, perempuan yang akan mengalami menopause dapat mengalami kesulitan tidur yang berdampak pada rasa lelah di keesokan harinya.
  • Fibromyalgia.

Fibromyalgia adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kelelahan kronis dan nyeri pada tulang serta otot, terutama pada perempuan. Jika Anda mengalami fibromyalgia, maka Anda akan terus merasa mengantuk terus walaupun sudah tidur berjam-jam.

Penyakit fibromyalgia disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu usia yang umumnya dialami oleh orang-orang yang berusia 30 hingga 50 tahun, faktor keturunan, trauma, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang, otot, serta sendi. Salah satu cara untuk mengurangi gejala dari sindrom ini adalah dengan melakukan olahraga teratur. Dengan melakukan olahraga teratur, juga bisa memperbaiki kualitas tidur Anda yang sebelumnya terganggu serta memperbaiki mood. Olahraga yang dianjurkan adalah berenang atau jenis olahraga lain yang berintensitas sedang.

  • Alergi makanan atau intoleransi makanan

Makanan memang memberikan energi bagi tubuh, namun bagi sebagian orang yang memiliki alergi, makanan yang membuatnya alergi justru membuatnya cepat lelah. Kelelahan dalam hal ini merupakan tanda dari alergi atau intoleransi suatu makanan. Oleh karena itu, hindari makanan-makanan yang membuat Anda alergi. Jika belum mengetahui makanan apa yang membuat Anda alergi, maka sebaiknya diskusikan hal tersebut ke dokter Anda. Makanan yang membuat Anda alergi juga dapat membuat Anda sangat mengantuk dengan jarak waktu 10 sampai 30 menit setelah mengonsumsinya.

  • Rematik

Rematik adalah peradangan yang terjadi pada sendi dan menimbulkan gejala seperti bengkak, kemerahan, rasa nyeri, kekakuan, dan rasa lelah yang berlebihan. Penyakit ini sering dialami oleh kelompok dengan rentang usia 20 sampai 40 tahun dan cenderung dialami oleh perempuan. Penyebab dari rematik adalah autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang terganggu kemudian menyebabkan sendi menjadi meradang.

  • Diabetes tipe 2

Gejala yang dialami oleh penderita penyakit diabetes mellitus tipe 2 yaitu kehilangan berat badan, cepat lelah, peningkatan urin, terus merasa haus dan lapar. Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, konsumsi gula serta lemak yang tinggi, serta jarang melakukan aktivitas fisik, sehingga tubuhnya tidak bisa mengontrol kadar gula darah yang meningkat. Ketika seseorang telah mengalami diabetes, maka orang tersebut tidak bisa lagi sembuh dari penyakit ini. Namun, penyakit ini masih bisa dikontrol dengan cara mencegah peningkatan kadar gula darah sangat tinggi yang akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

 

Untuk Anda yang merasakan hal – hal diatas berikut Tips Apabila Badan Lemas, Letih, Lesu dan Tidak Semangat yaitu :

  • Step 1  : Cek dulu kondisi tubuhmu

Apabila kamu kecapekan  : Sensitif + tidak fokus , Sakit tenggorokan + demam,  Moody, sedih, atau tidak punya motivasi , Kulit pucat + pusing . Itu semua Bisa jadi karena: Tidak cukup tidur, Mononucleosis , Depresi atau Kekurangan zat besi (Anemia).

Berikut yang harus kamu lakukan:

  1. Tubuh butuh tidur 9 jam, latih untuk bangun dan tidur pada jam yang sama sehingga mendapatkan istirahat yang berkualitas.
  2. Kalau tenggorokan mudah sakit , cek ke dokter soalnya MONONUCLEOSIS itu adalah virus yang menginfeksi kelenjar getah bening.
  3. Sesekali merasa sedih itu wajar, tapi kalau sampai kehilangan napsu makan cek ke dokter. Terapi dan meditasi bisa membantu.
  4. Pola makan dengan sedikit zat besi akan membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh terhambat dan tubuh terasa capek! Konsumsi vitamin zat besi, plus daging merah dan kacang-kacangan.
  • Step 2 :Singkirkan BAD habits

KEBANYAKAN TIDUR tidur memang berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Tapi jarang melatih otot dan kemampuan otak bisa bikin kamu merasa capek. Bangun tidur bukannya jadi seger, tapi malah lemes seharian.

JUNK FOOD makanan gorengan bikin tubuh kamu perlu waktu dan energi ekstra buat mencernanya. Sedangkan buah , sayuran dan gandum justru memberikan energi.

MARATON FILM sambil nonton TV, lakukan lompat tali selagi tayangan iklan komersial buat meningkatkan energi. Soalnya, duduk diam bikin kamu terus terjaga walau sudah waktunya tidur.

KURANG MINUM peran air buat tubuh sangat vital. Dari tugasnya yang mengangkut vitamin plus oksigen ke sel-sel tubuh sampai melumasi persendian tulang sebagai kerangka tubuh yang bikin kamu bisa bergerak bebas. Lagipula, air juga berfungsi membantu metabolisme lemak dalam tubuh. yang artinya, juga membantu menurunkan berat badan.

  • Step 3 : Relax 

Soalnya saat stress tubuh melepaskan hormon yang bikin kamu merasa capek, cepet marah, dan susah buat fokus. Riset juga mengatakan, mereka yang punya tingkat stress lebih tinggi lebih sering terkena demam.

Cara kilat untuk RILEKS

  1. Create privacy. Tutup pintu kamar, matikan instant mesanger dan juga HP kamu supaya bisa istirahat tanpa gangguan.
  2. Find your release. Pilih aktivitas yang bukan tugas harian, yang bikin kamu merasa santai seperti mendengarkan musik, main dengan hewan peliharaan. Pilih yang pas buat kamu. Pasti mood kamu baik!
  3. Set an alarm. Dengan cara ini, kamu gak harus melihat jam buat tahu kapan waktu istirahat singkatmu berakhir.
  • Step 4  Makanan sehat

  1. Makanan pengusir lelah : Kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak yang kaya vitamin C.
  2. Makanan peningkat mood : Ikan,kerang,daging sapi, daging ayam, telor, tahu, tempe , yogurt yang tinggi kandungan proteinnya.
  3. Makanan pengusir rasa cemas : Ikan salmon, tuna, karamel, gandum, beras merah, kentang, buah-buahan, brokoli, labu, dan kacang-kacangan.

Intinya buat Anda yang mengalami hal tersebut , Anda dapat merubah  pola makan yang baik , pola hidup yang teratur , makan yang seimbang dan terbaik untuk kesehatan dan dapat dibantu dengan suplemen herbal terbaik dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh .

%d bloggers like this: